Manfaat Musik Rock Bagi Kesehatan

Manfaat Musik Rock Bagi Kesehatan – Sangatlah mudah untuk menganggap musik rock sebagai sebuah kemarahan dan merupakan musik yang agresif, akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik keras sebenarnya dapat membuat kamu lebih bahagia dan lebih sehat. Bahkan musik Heavy Metal, yang sering dikaitkan dengan amarah dan kekacauan, bisa memberikan ketenangan untuk jiwa manusia dan mengubah suasana hati yang buruk berubah menjadi positif.

Buat kamu yang suka mendengarkan musik keras seperti musik rock dan musik metal, kamu beruntung karena musik yang kamu gemari memiliki dampak positif bagi kesehatan yang mungkin jarang atau tidak kamu ketahui. Berikut ini adalah 8 dampak positif dari musik keras atau musik rock bagi kesehatan manusia, yaitu:

Manfaat Musik Rock Bagi Kesehatan

1. Membuat kamu lebih bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Journal Self and Identity untuk memeriksa bagaimana penggemar heavy metal di tahun 1980- an telah berdampak pada kehidupan orang dewasa. Kamu mungkin sadar bahwa di tahun 80- an terdapat sejumlah kontroversi tentang musik heavy metal, idn play oleh karena itu kelompok agama terutama yang ada di Amerika mengaitkan musik heavy metal dengan penyembahan setan.

Jelas hal itu adalah omong kosong dan tampak nya sama jelasnya bahwa mendengarkan musik heavy metal sebenarnya dapat memiliki dampak positif. Kelompok yang terdiri dari 377 orang dewasa yang disurvei mengungkapkan bahwa penggemar musik metal dan rock lebih bahagia daripada mereka yang lebih suka jenis musik lain atau yang sama sekali bukan penggemar musik.

2. Menambahkan semangat saat berolahraga

Banyak dari kita suka mendengarkan musik ketika kita pergi ke gym atau ketika kita sedang berjalan-jalan di jalan. Ternyata terdapat sejumlah manfaat dari mendengarkan musik saat berolahraga dan ini membantu kamu untuk memaksimalkan energi yang kamu keluarkan. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa pengguna sepeda bekerja lebih keras ketika pengguna sepeda tersebut mendengarkan musik rock dengan tempo cepat.

Mendengarkan lagu favorit kamu juga dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian, membantu kamu melupakan aktivitas fisik yang sedang dilakukan. Musik yang tepat juga bisa menempatkan kamu dalam kerangka berpikir yang tepat untuk berolahraga dan membantu kamu masuk ke zona tempat kamu memaksimalkan tenaga yang kamu punya. Dan tentu saja, semakin banyak kita berolahraga, semakin sehat dan lebih bahagia kita.

3. Membantu dalam masa pemanasan

Manfaat musik meluas lebih dari sekadar periode ketika kamu sedang berolahraga. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa mendengarkan musik juga membantu saat pemanasan. Sepuluh peserta yang di pilih di monitor ketika melakukan pemanasan dengan dan tanpa musik.

Ketika mereka sedang mendengarkan musik, subjek berjalan lebih jauh dalam periode waktu yang sama dan juga tes darah mereka menunjukkan bahwa tingkat laktat mereka menurun lebih cepat. Selain itu, semua peserta melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik ketika mereka melakukan pemanasan dengan musik daripada tanpa musik.

4. Penghilang stress

Meskipun headbanging dari musik rock dan metal dapat menyebabkan kita semakin stres dan bukannya membuat rileks, sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa yang terjadi ialah kebalikan nya. Sebalik nya, Universitas Queensland yang berada di Brisbane menemukan bahwa musik rock yang agresif cocok dan sangat membantu memproses kemarahan, membuat pendengar merasa menjadi lebih aktif dan bersemangat.

Bahkan hampir setiap genre musik keras mempunyai kekuatan untuk membuat kita bersantai dan mengurangi stres. Selama kamu menikmati musik yang kamu dengarkan maka tidak masalah apakah itu Metallica atau Mozart, idnpoker karena itu masih akan memiliki kekuatan untuk mengurangi perasaan stres dan juga perasaan kecemasan.

5. Meningkatkan kinerja otak

Sejumlah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 dan diterbitkan dalam Journal of Educational Psychology menunjukkan korelasi antara belajar memainkan alat musik dan peningkatan IQ. Studi terbaru yang berfokus pada remaja telah menunjukkan bahwa siswa musik menunjukkan peningkatan dalam belajar bahasa.

Berbagai penelitian juga menemukan bahwa banyak nya manfaat dalam belajar bermain musik. Contoh nya, telah dikemukakan bahwa latihan bermusik dapat meningkatkan penalaran verbal, memori, melek huruf dan pembelajaran spesial.

6. Meredakan rasa sakit

Musik rock melibatkan kita secara emosional dan musik keras mempunyai kekuatan untuk mengalihkan kita dari rasa sakit. Sejumlah penelitian yang dilakukan telah menunjukkan kekuatan musik untuk mengurangi sensasi rasa sakit. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa penderita nyeri kronis mendapat manfaat dari sesi terapi musik sebanyak dua kali sehari.

Musik juga telah ditemukan dapat mengurangi kebutuhan akan opioid untuk pasien yang baru pulih dari operasi. Tampaknya musik yang dikaitkan dengan ingatan positif juga dapat memengaruhi suasana hati kita secara positif dan dengan demikian kemampuan kita untuk mengatasi rasa sakit.

7. Datang ke konser musik keras dapat membuat hidup lebih bahagia

Para peneliti dari Universitas Deakin Victoria yang ada di Australia mensurvei bahwa lebih dari 1.000 orang dan menemukan bahwa orang yang secara teratur menghadiri konser musik memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi pada hidup mereka.

Partisipasi aktif dalam kancah musik ini tampaknya memberikan manfaat yang lebih besar daripada hanya sekedar mendengarkan musik di rumah atau di ponsel secara pasif. Itu ada hubungannya dengan berbagi pengalaman langsung dengan band, serta dengan penggemar lainnya di pertunjukan.

Manfaat Musik Rock Bagi Kesehatan 1

8. Bagus untuk jantung

Ternyata mendengarkan musik rock bisa baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Cardiology di University of Nis, Serbia, mendengarkan musik yang kita nikmati melepaskan endorfin dari otak. Pengertian ini meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dengan penelitian menunjukkan bahwa musik seperti ini dapat meningkatkan aliran darah kita hingga 26%. Sirkulasi yang sehat berarti mengurangi tekanan darah dan mengurangi kemungkinan masalah jantung.

Dalam kasus uji, pasien dengan masalah kardiovaskular dibagi menjadi tiga kelompok: satu kelompok mengambil kelas olahraga yang berjalan selama 3 minggu, yang kedua mengambil kelas olahraga dan mendengarkan musik favorit mereka yang berjalan selama 30 menit sehari dan yang ketiga hanya mendengarkan musik saja.

Mereka yang menggabungkan olahraga dan musik meningkatkan kapasitas latihan mereka sebesar 39%, dibandingkan dengan kelompok olahraga saja, kelompok yang berolahraga saja hanya sebesar 29% dan sedangkan kelompok yang hanya mendengarkan musik saja hanya sebesar 19%. Jadi hanya mendengarkan musik saja berhasil meningkatkan kemampuan pasien untuk berolahraga, menurut eksperimen yang terdiri dari 74 orang.

Ternyata tanpa kita sadari musik rock dan metal yang mungkin banyak dibenci atau banyak tidak diminati oleh banyak orang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Yuk, dengarkan satu lagu heavy metal.